Categories
Berita

Zainudin Amali Tegaskan Pelatnas Tetap Jalan Meski SEA Games Ditunda

Laporan Wartawan Tribunnews. com, Abdul Majid TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA – Menteri Pemuda dan Gerak (Menpora) Zainudin Amali beserta jajarannya baru saja melayani rapat koordinasi dengan National Olympic Committee (NOC) Nusantara terkait penundaan SEA Games 2021 Vietnam.

Laporan Wartawan Tribunnews. com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali beserta jajarannya baru saja menyelenggarakan rapat koordinasi dengan National Olympic Committee (NOC) Nusantara terkait penundaan SEA Games 2021 Vietnam.

Seperti diketahui, pada Jumat lalu NOC Indonesia memberikan Surat resmi kepada Kemenpora soal penundaan SEA Games 2021.

Dalam Surat tersebut terdapat perut poin, salah satunya NOC berharap bahwa para atlet yang tengah melakukan Pelatnas jelang tampil di SEA Games agar tak dihentikan.

“Pertama setelah kita dengarkan pemaparan dibanding NOC, akhirnya kita mengikatkan bahwa kita bisa maklumi alasan dari tuan sendi Vietnam tentang permohonan janji dan Indonesia menyampaikan kepada NOC bahwa kita bisa menerima usulan penundaan tersebut, tentu alasan yang disampaikan sama juga dengan dasar yang sudah menguak beberapa waktu lalu yakni tentang wabah pandemi covid-19 yang masih tinggi, ” introduksi Menpora dalam konferensi pers secara daring, Senin (12/7/2021).

“Dengan dalil itu bisa pahami dan meminta kepada NOC Nusantara agar supaya begitu tersedia informasi tentang kepastian tanggal penundaan itu kapan maka segera diinformasikan kepada kami, ” sambungnya.

“Kedua dalam surat NOC menyampaikan tentang permohonan kalau para atlet dan pembimbing dari beberapa cabor dengan sedang melakukan Pelatnas itu tetap masih bisa diizinkan untuk lakukan itu, ” jelas Menpora.

Soal adanya permohonan tersebut, Menpora Amali yang melihat para atlet ini pasti harus menjalani Pelatnas atau pembinaan karen ke aliran juga bakal banyak event pertandingan, dirinya pun mengabulkan agar Pelatnas yang dikerjakan cabor-cabor tetap dilakukan.

Meski demikian, pihaknya akan tetap berkoordinasi dengan NOC Indonesia dan sari cabor itu sendiri.

“Dalam penambahan saya memang benar, dalam perencanaan anggaran Kemenpora bahwa bantuan pemerintah itu dalam rangka meningkatkan prestasi olahraga Nasional. Oleh karena itu,     memungkinkan latihan pasti ada apalagi di pendahuluan kita akan hadapi tahun depan ada Asia Games, dan cabor-cabor yang ikut di dalam SEA Games dan Asian Games tak terlalu banyak perbedaan, bahkan mayoritas itu ikut pada Asian Games juga, ” kata Menpora.

“Oleh karena itu pelajaran tetap dilakukan tapi tetap kita akan melihat & bicarakan kepada dengan sari cabor yang juga akan kita komunikasikan dengan NOC Indonesia, ” pungkasnya.