Categories
Berita

Tulisan Cerai dan Akta Nikah Inggit Ganarsih Lebih Baik Dikelola Pemerintah

TRIBUNNEWS. COM, BANDUNG –  Arsiparis Dinas Perpustakaan serta Kearsipan Kota Bandung, Juni Akbar menyarankan surat nikah dan akta cerai milik Presiden RI mula-mula Sukarno denganInggit Ganarsih yang disimpan ulung waris, dikelola oleh Pemerintah.

TRIBUNNEWS. COM, BANDUNG –   Arsiparis Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bandung, Juni Akbar menyarankan tulisan nikah dan akta cerai hak Presiden RI pertama Sukarno denganInggit  Ganarsih yang disimpan ahli darah, dikelola oleh Pemerintah.  

Juni Akbar mengatakan, faktual surat nikah dan akta cerai milik Sukarno dengan Inggit  Ganarsih itu merupakan milik pribadi.  

Sang pemilik kendati, kata dia, berhak menjual salinan tersebut.

Namun, karena arsip itu memiliki nilai memori, lebih baik dirawat oleh negara dalam hal ini Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

  “Terkait arsip Inggit Garnasi itu merupakan arsip pribadi, oleh sebab itu tidak ada kaitan dengan kelembagaan, kalau arsip Balai Kota atau aset pemerintah Kota Bandung tentunya ada koordinasi dengan kami, ” ujar Juni, saat dihubungi, Kamis (24/9/202).

Menangkap: Surat Nikah dan Surat Cerai Ir Soekarno-Inggit Garnasih Dijual, Kolektor: Buka Harga Rp 25 Miliar

Menyuarakan: Rekaman CCTV Tak Tunjukkan Nyata Aksi Pelecehan Oknum Petugas Medis di Bandara Soekarno-Hatta

“Tapi memang ada susunan yang mengharuskan arsip itu dipelihara dan dirawat, karena asrip Inggit Ganarsi ini arsip yang memliki nilai sejarah, ” sambungnya.

Sebelumnya, kata dia, ANRI bersama Dinas Perpustakaan dan Arsi Kota Bandung sempat melalukan penelurusan arsipsurat  cerai dan akta Soekarno dengan Inggit.  

“Sebenarnya surat  cerai itu saya sudah punya, tapi itu sebatas duplikasi, aslinya mereka yang simpan (ahli waris), ” katanya.  

Kalau misalnya rumpun ingin menyimpan arsip itu, sirih dia, itu sepenuhnya merupakan benar mereka.  

“ANRI diberikan duplikasi atau reproduksinya, ketika diinput oleh Andri ada fakta file aslinya tersimpan oleh pakar waris, ” ucapnya.