Categories
Berita

Shuhei Okawara, Penjual Topeng Wajah pada Jepang: Saya Tidak Membeli Wajah Orang

Laporan Koresponden Tribunnews. com, Richard Susilo dari Jepang TRIBUNNEWS. COM, TOKYO – Shuhei Okawara, seorang penjual topeng dari Jepang membantah pemberitaan yang menyebutkan bahwa dia membeli wajah seseorang dengan nilai 40. 000 yen.

Laporan Juru Tribunnews. com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS. COM, TOKYO – Shuhei Okawara, seorang penjual topeng dari Jepang membantah pemberitahuan yang menyebutkan bahwa dia membeli wajah seseorang dengan harga 40. 000 yen.

“Tidak benar saya membeli wajah orang. Apalagi saya diberitakan mau membeli 40. 000 yen jelas ngawur. Saya tidak tertarik dengan kekayaan. Kalau orang itu mau dibuatkan topeng, ya saya buatkan secara membayar 300. 000 yen, simpanan awal separuhnya, ” kata Shuhei Okawara, penjual topeng dari Jepang kepada Tribunnews. com , Sabtu (19/12/2020).

Okawara memulai bisnisnya sejak tujuh tahun lalu dan membuka tokonya di daerah Sumidaku Tokyo sekitar 6 tahun lalu dengan kekayaan sewa ruangan sekitar 70. 000 yen sebulan.

“Awalnya saya orang teater dan menjadi penari (dancer) tetapi orang tua menentangnya. Namun setelah saya sibak topeng ini mereka mendukung sempurna saya, ” lanjutnya.

Gara-gara pemberitaan tersebut, tidak sedikit orang menawarkan wajahnya untuk dibeli olehnya dijadikan topeng.

Baca juga: Shuhei Okawara lantaran Jepang Patok Tarif Rp 41 Juta Buat Topeng Berwajah Bani adam

“Saya tak membeli wajah orang. Tidak kira-kira saya membuat topeng wajah karakter terkenal sekali pun karena tersedia hak cipta dari orang dengan bersangkutan, ” ungkapnya lagi.

Jadi yang benar menurutnya, kalau ada orang mau dibuatkan topeng, maka akan dibuatkan topeng dan orang itu membayar topeng yang diordernya tersebut.

“Beberapa artis Jepang juga tersedia yang minta dibuatkan topeng. Sesudah jadi ya saya serahkan serta dia membayarnya. Selesai. Jadi tidak membuat lainnya untuk dijual paras orang terkenal tersebut. Tidak jadi, ” ujarnya.

Saat ini Okawara lebih fokus memproduksi topeng untuk perusahaan yang order, bukan pribadi.