Categories
Berita

Remaja Ini Sebar Hoaks Kasus Kebakaran di Surabaya, Saat Ditangkap Ngakunya Cuma Iseng

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - Seorang pemuda inisial AY dicokok unit Resmob Satreskrim Polrestabes Surabaya karena menyebarkan hoaks ihwal peristiwa kebakaran. AY diamankan di sebuah warkop di Surabaya, Jumat (28/8/2020).

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA – Seorang pemuda inisial AY dicokok unit Resmob Satreskrim Polrestabes Surabaya karena menyebarkan hoaks ihwal peristiwa kebakaran.

AY diamankan di sebuah warkop di Surabaya, Jumat (28/8/2020).

Kejadian bermula saat pemuda asal Jalan Bluru Permai V-18, Sidoarjo ini menghubungi call centre 112.

AY mengabarkan adanya kebakaran di jalan Jetis pada Kamis (27/8/2020) siang.

Seketika itu, laporan tersangka direspon petugas dan menerjunkan beberapa unit mobil pemadam kebakaran berikut polsek setempat.

“Setelah direspon, petugas pemadam kebakaran dan petugas polsek merapat ke lokasi dikabarkannya kebakaran tersebut. Namun saat tiba di lokasi, tidak ada kebakaran yang dilaporkan oleh tersangka,” kata Wakasat Reskrim Polrestabes Surabaya, Kompol Wahyudin Latief, Senin (31/8/2020).

Baca: Kronologi Pemuda di Surabaya Iseng Sebar Hoaks Kebakaran Hingga Ditangkap Saat Nongkrong di Warkop

Akibatnya, warga Jetis sempat dibuat gaduh dan petugas pemadam kebakaran sempat dibuat bingung oleh tersangka.

“Karena tidak ada kebakaran, petugas PMK maupun polsek meninggalkan lokasi dilaporkannya kejadian kebakaran itu,” tambahnya.

Baca: 15 ODGJ Korban Pemasungan Ulang di Tulungagung Dikirim ke RSJ Menur Surabaya

Baca: Mutasi Covid Ganas Ditemukan di 3 Kota Besar, Pertama Bermutasi di Surabaya, 10 Kali Lebih Menular

Melihat insiden “alamat palsu” itu viral, polisi kemudian bergerak cepat memburu pelaku yang membuat berita bohong tersebut.

“Setelah kami identifikasi, ternyata benar kami menemukan nama tersangka dan langsung kami lakukan penangkapan di tempat nongkrongnya di Surabaya keesokan harinya,” tambah Latief.