Categories
Berita

Pepatah Harta Karun, Energi Terbarukan Kini Jadi Incaran Banyak Negara

Laporan Wartawan Tribunnews. com, Yanuar Riezqi Yovanda TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan, kira-kira negara sudah bergerak menuju energi terbarukan.

Laporan Wartawan Tribunnews. com, Yanuar Riezqi Yovanda 

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA – Kementerian Energi & Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan, beberapa negara telah bergerak menuju energi terbarukan.  

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan, Eropa hingga China bahkan sudah mendeklarasikan sanggup bergeser dari ketergantungan energi fossil ke terbarukan puluhan tahun lagi.  

“Sudah ada pernyataan-pernyataan bahwa Eropa deklarasi tahun 2040 akan bebas dari pemakaian energi fosil, Jepang pada 2050. Kemudian, China di 2060, ” ujarnya dalam video conference, Senin (8/3/2021).  

Arifin menjelaskan, pemerintah sudah menetapkan bahwa Indonesia juga bakal menuju ke era energi terbarukan yang seperti menjadi ‘harta karun’ ke depannya.  

Baca juga: Eksplorasi Radang Bumi Gunung Tampomas Segera Dieksekusi Tahun Ini

“Mereka sudah benar-benar merasa bergantung ke energi terbarukan. Nah kita juga harus segera mengatur strategi mengarah ke sana, ” katanya.  

Membaca juga: Star Energy Geothermal Kembangkan Potensi Ekonomi Kopi pada Jawa Barat

Di sisi lain, dia menambahkan, kendalanya ialah investasi yakni kalau semua negara berlomba dalam berinvestasi di sektor energi terbarukan maka nanti yang akan menjadi kompetisi adalah masalah pendanaan.  

[embedded content]

“Untuk merealisasikan proyek-proyek energi terakhir terbarukan ini dengan rasio besar tentu saja membutuhkan dana yang tinggi. Zona kompetisi ini harus kita antisipasi, di mana kita bisa membuat investor mendalam ke Indonesia, ” mengakhiri Arifin.