Categories
Berita

NU Dulu Diremehkan saat Tata Baru, Cak Imin Ingat Pesan Gus Dur: Kenangan Akan Membuktikan

Informasi Reporter Tribunnews. com, Reza Deni TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar mengenang sosok Pemimpin ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur di dalam merespons pihak-pihak yang meremehkan kelompok Nahdlatul Ulama (NU).

Laporan Reporter Tribunnews. com, Reza Deni

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA – Ketua Ijmal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar mengenang sosok Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dalam merespons pihak-pihak yang meremehkan kelompok Nahdlatul Ustaz (NU).

“Ketika awal-awal bergumul bersama dia (Gus Dur), kita di posisi yang kadang tak percaya diri melihat Susunan Baru, tidak percaya diri melihat realitas kultural kita yang sangat marjinal, tak memiliki tempat, dan ruang cukup berekspresi, ” sebutan Cak Imin, sapaan akrabnya, dalam Haul ke-12 tahun Gus Dur, Minggu (22/8/2021).

Baca juga: Singgung Afghanistan, Mahfud MD Teringat Konsep Ajaran Gus Dur Tentang Persekutuan dan Penerimaan

Cak Imin mengucapkan, Gus Dur selalu dijadikan tempat orang-orang NU dengan berkeluh kesah tentang beraneka hal, terutama saat NU diremehkan oleh Order Terakhir.

“Gus Dur menjawab bahwa sejarah dengan membuktikan bahwa kita bisa menata Indonesia. Beliau selalu melempar ke sejarah. Diamkan mereka semua tidak mengetahui, tidak memahami, tidak percaya kepada kita tapi cerita nanti akan membuktikan, ” katanya.

Baca juga: Megawati Menangis Bela Jokowi, Hasto: Membuktikan Keprihatinan Sekaligus Kepekaan Seorang Ibu

Gus Dur, dikatakan Cak Imin, dengan enteng menjawab bahwa yang meremehkan NU itu tidak tahu urusan.

“Mereka tak mengerti urusan, kitalah yang mengerti urusan. Itulah jalan Gus Dur mengajarkan pada kita percaya diri bahkan senantiasa bergantung pada apa yang disebut nilai-nilai warisan pondok warisan kultural yang kuat dan kokoh di bangsa, ” tambahnya.


Ketua Ijmal PKB Muhaimin Iskandar nama lain Cak Imin dalam Pidato Kebangsaan pada acara HUT CSIS ke 50 Tahun secara daring, Kamis (19/8/2021). (Tribunnews. com/ Rizki Sandi Saputra)

Apa yang dikatakan Gus Dur itu, dikatakan Cak Imin, terbukti pada masa ketika Indonesia dilanda pandemi.

“Saya yakin pemerintah tidak akan bisa berdiri sendiri tanpa membawabawa mengajak dan bersama-sama kekuatan masyarakat untuk terlibat dan menjadi bagian dari solusi dan bagian dari partisipasi mengatasi keadaan, ” katanya.

Baca juga: PPKM Level 2-4 Berakhir Besok, Akankah Diperpanjang? Ini Data Corona Sepekan dan Arahan Jokowi

“Vaksinasi ini misal baru akan jadi kalau semua kekuatan terkebat dengan masif, kalau hanya andalkan pemerintah ini akan lambat dan berbagai tahanan akan terjadi, ” pungkasnya.