Categories
Berita

Menlu Retno: Indonesia Akan Tetap Mendukung Perjuangan Rakyat Palestina

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA – “Indonesia akan terus mendukung perjuangan rakyat Palestina. ” Demikian Menteri Luar Negeri Indonesia (Menlu RI), Retno Marsudi, menegaskan status Indonesia terhadap Palestina di dalam konferensi pers Rabu (12/5/2021).

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA –  “Indonesia akan terus membantu perjuangan rakyat Palestina. ”

Demikian Menteri Luar Negeri Indonesia (Menlu RI), Retno Marsudi, menguatkan posisi Indonesia terhadap Palestina pada konferensi pers Rabu (12/5/2021).

Menlu berujar pada Selasa 11 Mei 2021 lalu, Pemimpin RI Joko Widodo juga telah menyampaikan posisi jelas Indonesia bahwa tindakan Israel mengusir warga Palestina dibanding Syeikh Jabbar, Yerusalem Timur, dan menyerang warga sipil Palestina di Masjid Al Aqsa, merupakan tindakan dengan tidak dapat dibiarkan.

Indonesia juga mengecam meluasnya ketegangan dan kekerasan khususnya di jalur Gaza yang menyebabkan puluhan objek jiwa warga sipil dengan tidak berdosa.

“Bapak Presiden juga mengantarkan bahwa Indonesia mengutuk tindakan tersebut dan mendesak DK PBB untuk mengambil kiprah nyata terhadap  pelanggaran dengan terus dilakukan oleh Israel, ” kata Menlu.

Mengaji juga: Balas Serangan Israel di Gaza, Hamas Tembakkan Ratusan Roket ke Tel Aviv

Retno Marsudi mengatakan pemerintah Nusantara akan terus berusaha semaksimal mungkin membantu Palestina memperjuangkan haknya di semua garis, termasuk di  Committee on the Exercise of the Inalienable Rights of the Palestine.

Komite ini ada di Indah Umum PBB yang dibentuk tahun 1975, yang memiliki mandat memperjuangkan hak-hak Palestina termasuk hak kemerdekaan Palestina.

“Saat itu, Indonesia adalah salah utama negara anggota Biro dan memangku jabatan Wakil Kepala dalam komite tersebut, ” kata Retno.

Indonesia juga mengusulkan biar OKI dan GNB dapat segera melakukan pertemuan khusus untuk membahas masalah Palestina dan Israel.

Indonesia juga terus mendesak agar DK PBB bisa mengambil langkah nyata, meniadakan seluruh kekerasan, dan membawa keadilan dan perlindungan bagi Palestina.

“Sudah terlalu lama hak-hak keluarga dan rakyat Palestina digerogoti oleh Israel. Indonesia akan terus bersama rakyat dan bangsa Palestina dalam memperjuangkan hak-haknya, ” tegas Retno.

[embedded content]