Categories
Berita

Konvensi Tahunan MPR Fasilitasi Laporan Kemampuan Lembaga Negara

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Sidang Tahunan MPR yang akan diselenggarakan pada 14 Agustus 2020, diapresiasi Pengamat Komunikasi Politik Universitas Mercubuana Jakarta Dr. Syaifuddin M. Si. Menurut Syarifuddin Sidang Tahunan merupakan sebuah kebijakan publik yang sangat bagus pada membangun demokrasi. Karena itu keberadaan Sidang Tahunan, ini harus bisa berkembang secara baik.

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA –  Wasit Tahunan MPR yang akan diselenggarakan pada 14 Agustus 2020, diapresiasi Pengamat Komunikasi Politik Universitas Mercubuana Jakarta Dr. Syaifuddin M. Jiwa.

Menurut Syarifuddin Wasit Tahunan merupakan sebuah kebijakan publik yang sangat bagus dalam membangun demokrasi. Karena itu keberadaan Konvensi Tahunan, ini harus bisa berkembang secara baik.

Selain itu, Syarifuddin juga menyebut bahwa Sidang Tahunan MPR merupakan sebuah kebijakan politik yang sangat indah.

Karena memberi bagian kepada lembaga-lembaga negara untuk tampil menyampaikan laporan kinerja lembaganya dengan mandiri. Dan tidak sentralistik disampaikan oleh Presiden.

“Sidang Tahunan adalah Kado terbaik bagi bangsa Indonesia karena memberikan keterbukaan soal laporan kinerja. Sehingga berlaku pertukaran pesan dari Lembaga negeri kepada masyarakat, ” kata Syaifuddin saat menjadi salah satu narasumber pada Diskusi Empat Pilar secara tema Sidang Tahunan MPR MENODAI, Konvensi Ketatanegaraan Dalam Rangka Informasi Kinerja Lembaga Negara.

Acara tersebut berlangsung di Media Center, Komplek MPR/DPR RI, Senayan Jakarta, Jumat (17/7/2020).

Selain Syaifuddin diskusi tersebut pula menghadirkan pembicara Wakil Ketua MPR H. Arsul Sani SH, M. Si dan Dr. HM. Hidayat Nur Wahid, MA.

Sebelumnya, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid mengatakan, Sidang Tahunan MPR dilaksanakan pertama kali pada periode 2014-2019. Selama lima tahun, sidang tahunan berjalan dengan baik.

Terlaksananya sidang tahunan pada 2020, kata Hidayat adalah sebuah keniscayaan sebagai perwujudan instruksi dari tata tertib MPR.

Dalam sidang tahunan, menurut Hidayat, MPR menfasilitasi lembaga negeri untuk menyampaikan laporan kinerjanya kepada masyarakat.