Categories
Berita

Kemenristik Lakukan Uji Klinis Terhadap Jahe Merah, Jambu Biji, dan Tablet Kina Untuk Atasi Covid-19

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA – Kementerian Penelitian dan Teknologi (Menristek)/Badan Riset serta Inovasi Nasional (BRIN) sedang melangsungkan uji klinis terhadap jahe merah, jambu biji, dan minyak kelapa murni yang diharapkan dapat meningkatkan daya tahan tubuh dari paparan Covid-19.

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA – Kementerian Riset & Teknologi (Menristek)/Badan Riset dan Pembaruan Nasional (BRIN) sedang melakukan uji klinis terhadap jahe merah, jambu biji, dan minyak kelapa suci yang diharapkan dapat meningkatkan daya tahan tubuh dari paparan Covid-19.

Hal tersebut diungkapkan Menristek Bambang Brodjonegoro dalam data resmi di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta Timur, Minggu (3/5/2020).

Baca: Dipicu Sopir Mengantuk, Truk Tronton Bermuatan Tukul Terperosok ke Jurang di Wadas Pangeran Sumedang

“Kita sudah melakukan baik sistematic review, kemudian studi bioinformatika & saat ini sedang melakukan uji klinis, terutama di Rumah Melempem Wisma Atlet, terutama untuk bahan-bahan seperti jahe merah, jambu biji, dan kemudian juga virgin coconut oil, ” kata Bambang Brodjonegoro dilansir Tribunnews. com dari situs resmi BNPB.

Dia berharap kementeriannya dapat mendayagunakan suplemen yang sudah ada yang mengandung bahan-bahan tersebut sehingga diharapkan tepat untuk meningkatkan daya tahan awak sehingga dapat mengatasi penyakit Covid-19.

Baca: Bermacam-macam Siasat Akali Petugas Demi Mampu Mudik: Mobil Diangkut Truk Towing Hingga Duduk Bareng Domba

“Paling tidak (dapat) meningkatkan daya tahan terhadap Covid-19 ataupun kemudian menghasilkan suplemen anyar yang diharapkan bisa menumbuhkan gaya tahan tubuh terhadap Covid-19, ” katanya.

Sementara tersebut, untuk obat yang diharapkan dapat mengatasi penyakit Covid-19, Menristek mengutarakan kementeriannya sedang melakukan uji klinis terhadap berbagai macam obat dengan direkomendasikan dari luar negeri, molek avigan, chloroquine dan tamiflu.

Baca: Cara Istimewa Jalani Isolasi Mandiri di Wilayah Halaman: Buat Gubuk di Hutan Hingga Kemah di Tepi Sungai

Termasuk obat pil kina yang sedang dikembangkan di Indonesia.

“Pil kina (ini) sedang kita tes sebagai salah satu alternatif obat yang barangkali bisa meringankan muatan penderita Covid-19, ” ujarnya.

Selain itu, Kemenristek serupa sedang melakukan riset terhadap convalescent plasma sebagai terapi untuk penderita Covid-19.

Mengaji: Sempat Menyapu Halaman Indekos Jelang Sahur, Pria Asal Lamongan Ditemukan Tewas di Tempat Tidur

“Di mana plasma dari pasien yang sudah sembuh itu kemudian dicoba diberikan jadi terapi untuk pasien Covid-19 dengan sedang dalam kondisi berat, ” katanya.