Categories
Berita

Jokowi: Dua Pekan Terakhir, Masyarakat Semakin Khawatir dengan Covid-19

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo mengatakan masyarakat semakin khawatir dengan perkembangan kasus Covid-19, khususnya di dua pekan terakhir. Hal itu disampaikan Jokowi saat membuka rapat terbatas penanganan Covid-19 di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (3/8/2020).

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo mengutarakan masyarakat semakin khawatir dengan perkembangan kasus Covid-19, khususnya di dua pekan terakhir.

Situasi itu disampaikan Jokowi saat menggelar rapat terbatas penanganan Covid-19 pada Istana Merdeka, Jakarta, Senin (3/8/2020).

“Yang pertama aku tidak tahu sebabnya apa namun suasana pada minggu-minggu terakhir tersebut kelihatan masyarakat berada pada situasi yang khawatir mengenai Covid, ” kata Jokowi.

Baca: Angka Kematian Covid-19 dalam Indonesia Lebih Tinggi dari Ijmal, Ini Kata Jokowi

Baca: Update 2 Agustus: Positif Covid-19 Global Tembus 18 Juta Kasus, Indonesia Urutan 23 Kasus Terbanyak

Baca: Covid-19 Terus Meningkat, Sandi Ingatkan Indonesia Segera Hadapi Resesi Ekonomi

“Entah karena kasusnya meningkat atau terutama kalangan menengah ke atas melihat karena orang yang tidak taat pada protokol kesehatan tidak semakin sedikit, tapi semakin banyak, ” lanjut dia.

Ia pun meminta para menteri terkait secara masif mengampanyekan kepatuhan terhadap protokol kesehatan seperti mengenakan masker dan menjaga jarak di ruang publik serta selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas.

Ia menilai kampanye tersebut belum masif dan belum dipahami masyarakat sehingga masih banyak yang tidak mematuhi protokol kesehatan, khususnya dalam penggunaan masker.

Menurut Jokowi, kampanye pelaksanaan protokol kesehatan harus dilakukan perlahan dan terpisah antara penggunaan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan agar mudah dipahami masyarakat.

“Saya ingin fokus saja mungkin dalam dua minggu kita fokus kampanye mengenai pakai masker. Nanti dua minggu berikut kampanye jaga jarak atau cuci tangan misalnya. Tidak dicampur urusan cuci tangan, urusan jaga jarak, urusan tidak berkerumun, pakai masker, ” papar Jokowi.

“Kalau barengan mungkin yang menengah atas bisa ditangkep dengan cepat tapi yang di bawah ini menurut saya memerlukan satu per satu, ” lanjut dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas. com dengan judul “Jokowi Sebut Masyarakat Semakin Khawatir dengan Covid-19 ”