Categories
Berita

Infeksi Jamur Hitam Serang India, Kabarnya Bisa Diobati Pakai Amphotericin B

Keterangan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari TRIBUNNEWS. COM, NEW DELHI – Infeksi jamur hitam (Mucormycosis) saat ini pantas menjadi isu baru pada India, selain ‘tsunami virus corona (Covid-19)’ yang terjadi beberapa bulan terakhir.

Laporan Kuli Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS. COM, NEW DELHI – Infeksi jamur hitam (Mucormycosis) saat tersebut sedang menjadi isu anyar di India, selain ‘tsunami virus corona (Covid-19)’ dengan terjadi beberapa bulan final.

Penyakit dengan disebabkan jamur Mucormycetes itu disebut dapat menyerang seseorang yang memiliki sistem kekuatan lemah dan kadar gula darah yang tinggi.

Oleh karena itu, penyakit ini kini dikaitkan dengan penderita virus corona (Covid-19) dan mereka dengan menderita penyakit penyerta (komorbid) seperti diabetes.

Karena virus SARS-CoV-2 yang menyebabkan Covid-19 diketahui mampu menurunkan kekebalan tubuh.

Baca juga: Tidak Hanya Pasien Covid-19, Penderita Diabetes Hingga Kanker Berpotensi Terinfeksi Jamur Hitam

Baca juga: Kekebalan Awak Turun Akibat Covid-19, Oleh karena itu Jalan Masuk Infeksi Jamur Hitam

Begitu pula dengan obat-obatan yang digunakan dalam pengobatan virus ini yang dinilai dapat menekan respons kekebalan, termasuk steroid yang pula dapat meningkatkan kadar gula darah.

Sementara penderita diabetes yang cenderung memiliki kadar gula darah tinggi, turut berisiko terkena jamur hitam.

Lalu bagaimana cara mengobatinya, jika telah terinfeksi jamur hitam?

Dikutip dari laman CNN, Senin (24/5/2021), menurut Pusat Pengoperasian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat (AS), cendawan hitam dapat diobati menggunakan obat antijamur dan sering kali diberikan secara intravena.

Obat dengan paling umum digunakan termasuk diantaranya Amphotericin B, obat tersebut saat ini sedang digunakan di berbagai negara bagian di India untuk memerangi wabah jamur hitam.

Ilustrasi obat.
Ilustrasi obat. (net/google)