Categories
Berita

China Beri Bantuan Vaksin Covid-19 ke Negara Lain Tapi dengan Upah Tertentu?

TRIBUNNEWS. COM, BEIJING – Ketika negara-negara kaya berebut untuk membeli sediaan terbatas vaksin Covid-19, China mengusulkan suntikan vaksin produk dalam negerinya kepada negara- negara miskin. Tetapi, bantuan vaksin Covid-19 itu tidak cuma-cuma, China mengharapkan adanya imbalan kerja sama diplomatik jangka lama.

TRIBUNNEWS. COM, BEIJING – Ketika negara-negara kaya berebut untuk mengambil pasokan terbatas vaksin Covid-19, China menawarkan suntikan vaksin produk pada negerinya kepada negara- negara miskin.

Namun, bantuan vaksin Covid-19 itu tidak cuma-cuma, China mengharapkan adanya imbalan kerja serupa diplomatik jangka panjang.

Melansir AFP pada Kamis (10/12/2020), langkah itu dapat menjadi muslihat China yang membawa banyak laba, di antaranya yaitu mengalihkan kemarahan dan kritik atas penanganan pangkal China terhadap pandemi Covid-19.

Selain itu juga, untuk meningkatkan profil perusahaan bioteknologinya & memperkuat serta memperluas pengaruhnya di Asia dan sekitarnya.

“Tidak diragukan lagi China medium mepraktikan diplomasi vaksin dalam upaya memperbaiki citranya yang ternoda, ” kata Huang Yanzhong, seorang teman senior untuk kesehatan global di Council on Foreign Relations (CFR), kepada AFP.

Baca juga: FBI Ingatkan Potensi Munculnya Vaksin Palsu Covid-19

“Cara itu juga menjelma alat untuk meningkatkan pengaruh China di skala global dan menyalahi masalah geopolitik, ” tambahnya.

China telah dikritik sebab penangannya terhadap kemunculan virus corona di Wuhan, dan itu mendorongnya untuk mengeluarkan segala kemampuan untuk mengendalikan wabah Covid-19 di negerinya.

Pada bulan-bulan awal pandemi virus corona, Beijing segera mengekspor jutaan masker dan APD, serta mengirim tim medis untuk membantu sistem perawatan kesehatan tubuh yang tegang di Eropa dan Afrika.

Sekarang, secara perusahaan farmasi besar Barat berangkat memasarkan vaksin Covid-19 mereka masing-masing, China meluncurkan vaksin versinya tunggal.

Saat ini, China telah menandatangani perjanjian untuk memasok jutaan dosis vaksin Covid-19, tercatat ke negara-negara yang terkadang memiliki hubungan yang sangat buruk dengan Beijing.