Categories
Berita

Banjir di Sumba Timur NTT: 54 Kepala Keluarga Harus Mengungsi

Laporan Wartawan Tribunnews. com, Fransiskus Adhiyuda TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA – BMKG telah merilis adanya besar bibit siklon tropis yang dapat berdampak pada iklim ekstrem. Salah satunya potensi curah hujan lebat & angin kencang di daerah Nusa Tenggara Timur (NTT) pada sepekan ini, 3-9 April 2021.

Laporan Wartawan Tribunnews. com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA – BMKG telah merilis adanya dua bibit angin puyuh tropis yang dapat berdampak pada cuaca ekstrem.

Salah satunya daya curah hujan lebat & angin kencang di daerah Nusa Tenggara Timur (NTT) pada sepekan ini, 3-9 April 2021.

BNPB menerima informasi terkini dampak banjir di Kabupaten Sumba Timur, NTT yang terjadi pada Minggu (4/4/2021), pukul 10. 00 Wita.

Baca juga: BNPB Kirim Rapid Tes Antigen dan Kedok untuk Korban Banjir Bandang Adonara Flores Timur

Hujan secara intensitas tinggi selama kurang hari mengakibatkan meluapnya kali setempat. Sebanyak 4 kecamatan terdampak banjir tersebut.

Keempat kecamatan terdampak yaitu Kecamatan Kambera, Pandawai, Karera dan Wulawujelu.

BPBD Kabupaten Sumba Timur menginformasikan sebanyak 54 KK atau 165 sukma mengungsi, sedangkan 109 KK atau 475 jiwa terdampak.


Banjir bandang menerjang wilayah Waiwerang di Pulau Adonara Kabupeten Flores Timur di dalam Sabtu 3 April 2021. Flotim menjadi salah satu wilayah terparah akibat badai siklon tropis yang melanggar NTT kali ini. (Istimewa)

Sedangkan dalam Kabupaten Lembata, banjir bandang menewaskan 11 warga & 16 lainnya hilang.

Banjir bandang itu terjadi pada Minggu (4/4/2021), pukul 19. 00 periode setempat.

Lokasi terdampak berada di besar kecamatan, yaitu Kecamatan Ile Ape dan Ile Ape Timur. Desa-desa terpapar dalam dua kecamatan ini antara lain Desa Waowala, Semenanjung Batu, Amakala, Jontona, Lamawolo dan Waimatan.

Baca serupa: Tumenggung Anton dan Wabup Agus Ikut Penguburan 37 Objek Banjir Bandang di Adonara Flores Timur

BPBD setempat telah melakukan upaya kaji segera dan penyelamatan warga terdampak.

Pemerintah wilayah juga mendatangkan alat mengandung untuk melakukan pembersihan pekerjaan dan lokasi bencana buat kelancaran proses pencarian serta evakuasi. Akses jalan menuju Kecamatan Ile Ape Timur terputus sehingga belum sanggup diakses petugas.